Friday 10 June 2011

Menjaga kesehatan jantung

JAN29

Jantung merupakan oragan yang sangat vital unutk mensirkulasikan darah dalam tubuh, sementara utuk mencapai tubuh yang bugar dan sehat, sirkulasi darah dalam tubuh haruslah lancar. untuk itu jantung haruslah dalam keadaan yang sehat agar kita selalu sehat dan bugar. Namun terkadang kita menyepelekan kesehatan jantung kita, mungkin tidak ada waktu untuk berolah raga ataupun karena malas berolah raga. Rasanya kalau malas sudah jadi trend keliatannya :), namun tidak usah khawatir berikut ada kiat-kiat untuk menjaga jantung sehat dengan cara yang cukup mudah :


  • Berjalan Kaki

 Kalau tidak sempat ataupun malas berolahraga 30 menit sehari, kita bisa menggantinya dengan berjalan kaki cepat selama 10 menit 3 kali sehari. Jalan kaki pastilah bukan hal yang sulit bukan? karena sudah jadi aktifitas kita sehari-hari, jalan kaki cepat 10 menit 3 kali sehari dapat membakar jumlah kalori yang sama dengan berolah raga 30 menit, selain itu juga bsa menurunkan kolesterol jahat LDL dan menaikkan Kadar kolesterol baik HDL.

  • Minum Jus Buah Segar
Semua Jus dengan 100% buah mengandung nutrient pelindung jantung yang sama dengan sayuran, dengan contoh jus tomat 230ml sama dengan 2 saji sayuran. Jadi apabila kita jarang mengkonsumsi sayuran bisa di gantikan dengan jus buah, pastinya lebih menyegarkan. Tapi akan lebih baik jika tetap mengkonsumsi sayur.·   
  • Tidur siang
Apabila kita mengalami kurang tidur di malam hari, kita bisa menggantinya dengan tidur siang 30 menit setiap hari. Mungkin bisa di lakukan saat istirahat untuk yang bekerja. Berdasar hasil sebuah studi, tidur siang 30 menit setiap hari dapat menurunkan resiko penyakit jantung sebanyak 37% dengan menurunkan kadar hormon penyebab stres. Kalaupun tidak punya waktu sebanyak itu, tidur siang dengan waktu yang lebih singkat masih bisa menurunkan resiko penyakit jantung sekitar 12%.



Sumber

0 comments:

Post a Comment