Wednesday 28 December 2011

Perindah Payudara dengan Stem Cell

JAN29

BANYAK cara untuk merawat kecantikan wajah dan tubuh. Kini kaum hawa sudah tidak malu-malu melakukan perawatan untuk bagian intim, seperti payudara. Untuk tren perawatan 2012, perawatan payudara akan paling banyak diminati.


Perawatan payudara dengan menggunakan stem cell breast augmentation akan menjadi booming pada awal tahun 2012.Tidak perlu menguras banyak biaya, metode yang satu ini terbilang aman dan mampu membentuk payudara sesuai yang Anda inginkan.


“Metode perawatan payudara ini menggunakan lemak tubuh sendiri yang diproses secara khusus untuk diambil stem cell(sel induk)-nya. Tindakan memperbesar payudara dengan menggunakan lemak sebenarnya sudah dikenal sejak lama. Namun, masih kontroversial mengingat tingginya angka penyerapan lemak yang dipindahkan, serta kesulitan dalam tindakan diagnostik dini kanker payudara pasca-fat grafting(cangkok lemak),” kata Dr Enrina Diah SpBP,sekaligus pemilik Ultimo Aesthetic & Dental Center Jakarta dan Surabaya ini.


Menurut Enrina, tidak semua wanita dilahirkan dengan payudara indah dan proporsional.


Karena itu, sebelumnya ada beberapa metode untuk memperindah payudara. Misalnya, breast implant, metode yang sudah sejak lama menjadi pilihan dalam mewujudkan hal itu.Namun, tidak semua wanita dapat menerima adanya benda asing dalam tubuhnya sendiri. Selain itu terjadi kekhawatiran akan efek yang terjadi pada masa mendatang seperti infeksi, bahkan kanker payudara.


“Efek dari breast implant itu bisa macam-macam, terutama kalau tubuh tidak bisa menerima benda asing yang masuk ke dalamnya karena kondisi tiap wanita itu berbeda-beda. Ada yang sensitif,ada juga yang tidak,” katanya.


Dengan kemajuan ilmu kedokteran dalam bidang stem cell,maka aplikasinya juga bisa untuk bidang pencangkokan lemak.


Tindakan tersebut meliputi tiga tahapan penting,meliputi liposuction untuk mengambil lemak dari perut, paha, dan bokong, pengambilan lemak melalui enzim khusus untuk mengekstraksi sel induk. Setelah itu, sel induk dicampurkan kembali dengan lemak yang sudah diambil, kemudian diinjeksi ke payudara. “Tahap pertama diambil dulu lemak dari jaringan perut, paha,atau bokong, lalu diproses terlebih dulu,baru ditempelkan ke payudara. Penggunaan lemak tubuh terbilang jauh lebih aman dibandingkan menggunakan benda asing semacam implan,” sebut Enrina.


Tujuan penggunaan stem cell ini adalahuntuk meningkatkan ketahanan lemak yang dipindahkan dan meningkatkan kualitas jaringan payudara, termasuk kulit dengan adanya perangsangan regenerasi sel. Tindakan yang dilakukan biasanya bersifat outpatient.


Artinya, pasien dapat langsung pulang pascaoperasi mengingat tindakan ini lebih aman dan halus dibandingkan pemasangan implan. Selain itu, proses pemulihannya lebih cepat.


“Jangan dibayangkan tindakannya ini berupa operasi besar karena nyatanya pasien bisa langsung pulang dan prosesnya jauh lebih cepat,” kata Enrina. Kelebihan metode ini, tidak memiliki risiko dari reaksi akibat benda asing seperti kontraktur kapsular.


Tidak ada parut yang terbentuk dalam jaringan payudara. Payudara yang diperbesar pun memiliki bentuk yang sangat natural dan kekenyalan di semua posisi.


“Bentuk payudara nantinya cenderung natural dan lebih kencang, bukan memperbesar dalam batas ukuran yang abnormal,” sebut Enrina. Selain itu, teknologi peremajaan kulit juga makin banyak diminati. Teknologi ultherapy, produser peremajaan kulit yang menggunakan USG noninvasif.


Teknologi ini merupakan teknologi tinggi yang terpercaya terhadap proses peremajaan dan responsif agar kulit lebih kencang dan terlihat sempurna. Selain itu,ultherapy memakai energi ultrasound yang telah digunakan dalam bidang kedokteran selama lebih dari 50 tahun serta uji klinis yang menunjukkan keamanan metode tersebut.


Menurut pakar kecantikan kulit dari Versacon Group, Singapura, Dr Wolfgang, metode tersebut hampir tidak memiliki risiko apa pun baik dalam proses pengerjaan hingga pascatindakan. Jauh lebih aman ketimbang melakukan pembedahan.


“Tentu sangat jauh berbeda bila dibandingkan dengan proses operasi karena metode ini tergolong aman dan cepat,hanya kurang dari satu jam,” kata Wolfgang saat acara diskusi mengenai metode peremajaan kulit. (tty)




View the original article here


0 comments:

Post a Comment