Wednesday 25 January 2012

Pengidap Lupus Hindari Makanan Ber-MSG

JAN29

Penderita penyakit autoimun tubuh seperti lupus disarankan tidak mengkonsumsi makanan dengan penguat rasa atau MSG. Makanan ini diduga salah satu pemicu kambuhnya lupus karena mengacaukan penampang sel.


"Akibatnya tubuh akan memunculkan reaksi berbeda terhadap sel itu karena dianggap benda asing," ujar spesialis penyakit lupus dari Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung, Dokter Rahmat Gunadi SpPD-KR, di Widya Graha, LIPI, Kamis 19 Januari 2012.


Dalam tubuh penderita lupus komunikasi antar sel tidak terjadi dengan baik. Komunikasi yang tidak baik ini sangat mempengaruhi reaksi tubuh. Apabila ada zat atau benda yang masuk dari luar, tubuh penderita lupus bisa mengalami reaksi berlebih.


Karena itu, bukan hanya makanan yang dikonsumi akan memicu kambuhnya lupus, obat-obatan lupus sendiri pun bila salah mengirimkan perintah ke sel tubuh akan memperparah lupus.


"Saya sering menemukan kasus pada pasien saya, mereka yang mengkonsumsi makanan mengandung MSG lebih banyak yang kambuh penyakit lupusnya," ujar Rahmat di acara "Care for Lupus" yang diadakan Yayasan Syamsi Dhuha Foundation.


Penderita lupus disarankan tidak memakan sesuatu yang dapat memicu autoimun tubuh bereaksi lebih aktif. Bahkan makanan atau obat yang berasal dari alam harus dipilih. Misalnya, penderita Lupus dilarang memakan mengkudu dan daun manggis.


View the original article here


0 comments:

Post a Comment