Thursday 22 August 2013

Tiap Jam Satu Organ Tubuh Terjual secara Ilegal

JAN29

foto

Ilustrasi. businessweek.com


Pasar gelap organ tubuh manusia kian mencemaskan. Menurut Badan Kesehatan Dunia WHO, tiap tahun, sebanyak 10 ribu ginjal diperjualbelikan secara ilegal. Ini berarti, hampir tiap jam terjadi satu transaksi organ tubuh.


Bukti yang dikumpulkan oleh jaringan dokter di seluruh dunia menunjukkan bahwa pedagang makin berani menentang hukum. Permintaan yang meningkat menyebabkan ''bisnis'' ini tumbuh subur.


Banyak dari pasien gagal ginjal pergi ke Cina, India, atau Pakistan untuk mendapatkan ginjal baru. Di ketiga negara ini, satu ginjal bisa didapatkan dengan harga US$ 200 ribu. Namun, mereka yang putus asa mendapatkan uang biasanya akan rela melego ginjal mereka hanya dengan US$ 5.000 saja.


Polisi Israel pekan lalu menangkap 10 orang, termasuk seorang dokter, yang diduga anggota jaringan perdagangan organ tubuh internasional dan melakukan pemerasan, penggelapan pajak, dan praktik yang membahayakan tubuh penjual organ. Jaringan lain juga ditemukan di India dan Pakistan.


The Guardian yang menghubungi broker organ di Cina yang mengiklankan jasa dengan kalimat, "Donasi ginjal, membeli iPad baru!" mendapatkan sedikit cerita tentang bagaimana praktek pasar gelap organ tubuh di Cina. Rata-rata, ia membayar di bawah US$ 5.000 untuk ginjal dan  operasi dapat dilakukan dalam waktu 10 hari.


Sampai saat ini, ginjal masih menguasai 75 persen pasar gelap organ tubuh. Peningkatan tingkat diabetes, tekanan darah tinggi dan masalah jantung yang menyebabkan permintaan untuk ginjal untuk jauh melebihi pasokan.


Data dari WHO menunjukkan bahwa dari 106.879 organ diketahui telah dicangkokkan di 95 negara anggota pada tahun 2010 (secara legal dan ilegal), sekitar 73.179 (68,5 persen) adalah ginjal.



View the original article here


0 comments:

Post a Comment