Tuesday 19 June 2012

Cara Baru Ber-KB: Pil Kontrasepsi Pria

JAN29

foto

Para ilmuwan di Edinburgh, Inggris, mengidentifikasi sebuah gen yang memproduksi sperma sehat pada pria. Eksperimen pada tikus ini menemukan bahwa gen tersebut, Katnal1, sangat vital dalam tahap final pembentukan sperma.


Para penulis dalam artikel penelitian yang dipublikasikan di PLos Genetics mengatakan sebuah obat bisa menginterupsi Katnal1 sehingga bisa menjadi kontrasepsi reversible.


Selama ini alat kontrasepsi pria adalah kondom atau vasektomi. Kini ada cara baru untuk mengatur kelahiran dari sisi sang pria. Ya, sudah ditemukan pil KB (keluarga berencana).


Para peneliti di Centre for Reproductive Health di University of Edinburgh menemukan faktor penyebab ketidaksuburan pada pria. Dalam penelitian pada tikus ternyata ditemukan kode genetik yang bisa membuat ketidaksuburan, yakni kode bernama Katnal1.


Katnal1 berisi cetak biru untuk protein yang sangat penting di dalam sel yang mendukung perkembangan sperma. Tanpa protein, sperma tidak bisa sepenuhnya terbentuk dan tubuh akan membuangnya.


“Jika kita bisa menemukan cara untuk menyasar gen ini dalam testis, kita bisa mengembangkan sebuah alat kontrasepsi non-hormonal,” kata salah seorang peneliti, dr Lee Smith, seperti dikutip BBC. Di masa mendatang, cara ini bisa digunakan untuk mengembangkan pil KB pria.


Pengajar senior bidang andrologi di University of Sheffield, dr Allan Pacey, mengatakan ada kebutuhan untuk membuat kontrasepsi non-hormonal bagi pria. Hal tersebut adalah sesuatu yang dicari sejak bertahun-tahun silam oleh para ilmuwan.


“Gen temuan tim Edinburgh tampaknya merupakan target baru yang menarik untuk membuat alat kontrasepsi baru pria,” ujar dr Pacey.


 



 


View the original article here


0 comments:

Post a Comment