Saturday 9 June 2012

Efek Buruk Anak Kecanduan Chicken Nugget

JAN29

Sejak berusia dua tahun, Stacey Irvine hampir tak kenal makanan lain selain chicken nuggets. Kini, ia diingatkan dokter untuk segera meninggalkannya jika tak ingin mati muda.


Stacey, kini berusia 17 tahun, mengalami problem pernapasan kronis dan anemia. Ia pernah pingsan tiba-tiba dan sulit bernapas sehingga harus dilarikan ke rumah sakit.


"Kini chicken nugget jadi makanan terkutuk. Dia telah diberitahu dengan tegas bahwa dia akan mati jika tetap mengonsumsinya," kata Evonne Irvine, ibunya, geram.


Padahal, seperti diberitakan Daily Mail, Ovonnelah yang mengenalkan chicken nugget pada putrinya. Suatu hari, ia membelikan anaknya beberapa potong nugget di restoran cepat saji, saat Stacey berusia dua tahun.


Sejak itu, chicken nugget  jadi makanan utamanya. Ia tidak pernah makan buah atau sayuran. Saat dilarikan ke rumah sakit pertama kali, pembuluh darah di lidahnya membengkak dan dia diketahui mengalami anemia.


Paramedis memberinya serangkaian suntikan dan mendesaknya untuk mengonsumsi vitamin. Namun, meskipun diperingatkan bahwa ia bisa mati akibat kecanduannya,  dia masih tidak dapat menahan makanan cepat saji.


"Saya mulai menyadari ini benar-benar buruk bagi saya, tapi tak bisa menghentikannya," katanya.


Menurut dokter, kurangnya vitamin dan nutrisi penting lainnya-- ditambah dengan jumlah garam dalam dosis tinggi dalam makanan siap saji--dapat meningkatkan tekanan darah dan melemahkan sistem kekebalan tubuh.


Hal ini juga dapat menyebabkan peningkatan risiko serangan jantung atau stroke, terutama setelah bertambah usia.


Dalam kasus Stacey yang mengonsumsi naget tiga porsi--di samping kentang goreng--tiap hari, maka artinya setiap hari dia  makan sepertiga lebih banyak lemak dan hampir dua kali lipat jumlah garam dari yang direkomendasikan.


Setiap bagian dari naget ayam hanya berisi dua persen kebutuhan harian vitamin C. Bandingkan dengan sebutir jeruk yang memenuhi 106 persen.


Dr Sasha Williams, dari British Dietetic Association, mengatakan diet terbatas penuh nutrisi penting seperti kalsium, serat, dan antioksidan bagus untuk menolong problem Stacey. "Orang tua tidak boleh memaksa anak untuk makan sesuatu tetapi selalu terus menawarkan makanan baru," ujarnya.



View the original article here



0 comments:

Post a Comment